Artikel

TANTANGAN LEADER JAMAN NOW

Mengutip ungkapan John Maxwell “Kepemimpinan berarti pengaruh, segala sesuatu bangkit dan jatuh bersama dengan kepemimpinan”, artinya seorang pemimpin yang baik mampu mempengaruhi dan menggerakan timnya menuju sasaran yang telah ditetapkan dan di sepakati bersama. dan sedangakan tantangan Leader Jaman Now menurut Dra. I Novianingtyastuti, M.M., Psikolog sebagai berikut

    1. Dominasi Generasi Y
  1. Organisasi masa depan  beranggotakan karyawan yang unggul (talented)committed serta engaged.  Saat ini hadir keragaman generasi (baby boomer, X, Y dan Z). Technology savvy merupakan salah satu karakteristik generasi Y dan Z . Flexible time dan virtual work makin marak.
    1. Lingkungan bisnis semakin kompetitif, dinamis dan cepat berubah

    Peluang bisnis menjadi semakin luas karena pasar potensial menjadi luas seolah tanpa batas.  Dunia maya memberi peluang yang besar sekaligus tantangan yang besar. Organisasi  harus berinovasi secara tepat agar mampu bertahan dan bertumbuh dan menawarkan produk yang bernilai tambah, karena keinginan dan tuntutan para pemangku kepentingan semakin tinggi, beragam dan mereka semakin well-informed.

  2.  
    1. Perkembangan Teknologi

    Perkembangan teknologi komunikasi membuat dunia semakin global dan arus infomasi makin tak terbendungkan. Peranan dunia maya yang disebakan oleh antara lain media sosial, internet, email, YouTube dan lain sebagainya. Selain kemajuan teknologi komunikasi, kemajuan teknologi di bidang lain seperti misalnya di bidang kedokteran, kecerdasan buatan, mesin dll.

    1. Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM)

    Persaingan global yang ketat, serta inovasi-inovasi di bidang teknologi yang pesat menyebabkan SDM yang memiliki kapasitas, kapabilitas dan mampu beradaptasi-lah yang akan diandalkan. Karyawan butuh treatment yang lebih tepat agar tercipta hubungan yang baik, menyenangkan, saling mempercayai, saling menghormati dengan atasan sehingga engange dengan tujuan organisasi.

    1. Pengembangan Desain Organisasi Baru

    Organisasi masa depan senantiasa harus mampu menciptakan pengetahuan-pengetahuan baru serta menyebarkan ke seluruh organisasi dan mewujudkannya dalam bentuk produk, layanan dan sistem (Nonaka & Takeuchi). Organisasi dapat memadukan struktur organik dan mekanistik yang lazim disebut dengan ambidextrous structure untuk mendorong perusahaan berinovasi.  Struktur organik menekankan pada disentralisasi, fleksibilitas serta menunjang pemfasilitasan inovasi-inovasi baru. Sebaliknya, struktur mekanistik sangat birokratis dan infleksibel sehingga kurang mendukung inovasi-inovasi baru.

  3. **Note : Leader harus mampu membuat strategi diferensiasi yang berfokuskan pada inovasi. Demikian juga membentuk budaya perusahaan yang berorientasi pada pembelajaran sehingga secara kontinyu meningkatkan kinerja.

Please follow and like us:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *