Artikel

Passion Dalam Bekerja Untuk Meningkatkan Motivasi Kerja

By Vita Octia, S.T., MSM, CHCM – Consultant at Magnet Solusi Integra

Memiliki bidang pekerjaan yang sesuai dengan passion atau minat merupakan cita- cita semua orang. Karena bekerja dengan passion akan membuat kita bekerja dengan lebih bersemangat, menikmati pekerjaan, dan juga tentunya hasilnya pun akan optimal jika dibandingkan dengan bekerja yang tidak sesuai dengan passion.

Menemukan passion dalam bekerja itu gampang-gampang susah, tetapi hal itu adalah wajar, terutama untuk karyawan yang masih muda atau yang baru memasuki dunia kerja. Semakin cepat menemukan passion, maka semakin luas pula kesempatan yang akan muncul dan dapat dikembangkan.

Passion bisa ditemukan dari sesuatu yang Anda senangi. Dari mengerjakan sesuatu yang Anda senangi, maka secara tidak langsung akan muncul motivasi untuk mengerjakan pekerjaan tersebut secara total. Jadi, tidak ada beban kerja yang dirasakan sedikitpun dalam diri Anda, yang ada hanya perasaan senang dan gembira dalam mengerjakan suatu pekerjaan karena pekerjaan tersebut sesuai dengan minat Anda. Bahkan tidak jarang pula seseorang yang menjalankan pekerjaan sesuai passion yang rela tanpa suatu bayaran, kerena kecintaannya terhadap pekerjaan tersebut.

Dalam menemukan passion dalam suatu pekerjaan, dengan mengerjakan hal-hal yang mudah Anda kerjakan. Dari sana Anda akan menemukan potensi yang sebenarnya Anda miliki, dengan begitu maka Anda akan dengan mudah menjalankan tugas dan pekerjaan. Sehingga, akan menurunkan tingkat stres dan turunnya motivasi Anda dalam bekerja.

Menikmati pekerjaan, karena pekerjaan Anda dapat menjadi suatu proses untuk menemukan passion. Dengan menikmati segala hal yang menjadi tugas Anda, mengerjakan pekerjaan dengan secara total, memecahkan permasalahan yang menghambat pekerjaan Anda, serta mengembangkan pengetahuan yang berhubungan dengan pekerjaan Anda saat ini. Dari situ Anda bisa menemukan passion yang sebenarnya Anda cari, karena passion bisa tercipta dari pekerjaan sehari-hari yang Anda lakukan.

Menemukan passion juga bisa dengan cara memperluas pengetahuan Anda dengan cara membaca atau mencoba berbagai pengalaman baru. Semakin banyak pengetahuan yang Anda miliki, maka akan mempermudah Anda untuk dapat mengetahui apa yang membuat diri Anda selalu antusias dan termotivasi untuk melakukan suatu pekerjaan.

Jadi, passion dapat menumbuhkan gairah kerja, karena kerja butuh gairah dan semangat. Setelah semangat itu muncul, maka motivasi kerja juga akan dengan mudah menyelesaikan pekerjaan dan mudah pula meraih kesuksesan.

Please follow and like us:
error

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *