Services

Asesmen SDM

Kami membantu organisasi merekrut, menyeleksi dan memetakan sumber daya manusia yang dimiliki berdasarkan kompetensi yang sesuai. Menggunakan pendekatan terintegrasi untuk mengidentifikasi kandidat baik talenta, kompetensi, serta latar belakang pengalaman yang sesuai dengan karakteristik kebutuhan jabatan. Agar mendapatkan hasil yang tepat sesuai kebutuhan, kami juga membekali para pejabat di perusahaan untuk dapat melakukan wawancara secara benar serta pendampingan orientasi karyawan baru.

A. REKRUTMEN & SELEKSI
Kami menyediakan pilihan layanan rekrutmen yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik klien dalam berbagai level jabatan. Klien dapat memilih untuk project rekrutmen dalam jumlah besar atau pencarian melalui database kandidat potensial. Dengan menggunakan jasa kami, perusahaan dimungkinkan mendapatkan kandidat dengan bakat dan kompetensi terbaik sehingga dapat berkontribusi optimal dalam pencapaian tujuan perusahaan.

B. ASESMEN KARYAWAN
Pelaksanaan asesmen untuk mendapatkan gambaran tentang penguasaan kompetensi dan prediksi keberhasilan karyawan dalam pekerjaan dengan tuntutan kompetensi yang baru. Pelaksanaan asesmen dapat menggunakan beberapa metode antara lain psychological assessment (Psikotest) maupun Assessment Centre.

Psikotes adalah metode yang dipergunakan untuk mengetahui lebih jauh tentang potensi kecerdasan, minat serta corak kepribadian individu secara menyeluruh khususnya aspek ‘depth personality’. Psikotes sering dimanfaatkan organisasi atau perusahaan dalam seleksi karyawan baru, seleksi program ‘Management Trainee’, program pengembangan pribadi, penempatan jabatan, konseling atau sebagai metode pelengkap dari Assesment Centre.

C. ONLINE TEST ASSESSMENT
Dalam kompetisi bisnis saat ini dan dengan perubahan dalam banyak aspek kehidupan organisasi saat ini, online-test menjadi alternatif pilihan yang tepat. Mengapa demikian ? online-test dapat secara efisien mengevaluasi pelaksanaan tes psikologi melalui sistem yang sepenuhnya otomatis. Dengan metode demikian, tidak hanya menghemat waktu tetapi juga memberikan hasil yang cepat.

Platform online-test kami membantu sepenuhnya mengotomatiskan prosedur manual lama dalam melakukan tes dan sudah dilakukan pengujian statistis dan adaptasi dengan budaya Indonesia. Beberapa aspek yang diungkap dari online-test ini adalah: Learning Agility Index, Potret Intelegensi Individu, Work Behavioural Assessment, Work Personality Assessment.

D. ASESMEN MANAGERIAL SKILL
Manajer bertanggung jawab untuk memastikan bahwa semuanya dilakukan dengan benar. Sedangkan Leader membawa kita visi, inspirasi dan tantangan. Leadership tidak berarti apa-apa tanpa penerapan yang efisien yang dihasilkan oleh manajemen yang baik.

Menjadi manajer yang hebat, seorang karyawan harus memiliki serangkaian keterampilan yang luas; mulai dari perencanaan dan delegasi hingga komunikasi dan motivasi. Untuk kesuksesan jangka panjang organisasi, diperlukan mapping keterampilan pejabat di organisasi sehingga Manajemen dapat mengidentifikasi area kekuatan dan kelemahan pejabat yang ada serta meningkatkan ketrampilan ini untuk menghasilkan kinerja optimal dan mengembangkan ketrampilan ini lebih lanjut.

E. COACHING, KONSELING, MENTORING
Dalam rangka kaderisasi, setiap atasan diharapkan dapat menjalankan perannya dalam melakukan pembinaan dan monitoring terhadap anggota teamnya. Dalam kenyataannya, tidak semua atasan percaya diri dan merasa mampu melakukannya dengan baik mengingat sebagian bawahan adalah juga rekan sejawat di masa sebelumnya. Selain juga karena latar belakang para pejabat yang sebagian besar berasal dari berbagai bidang kerja (non-SDM).

Pelaksanaan coaching dilakukan dari awal proses sebagai karyawan baru maupun dalam keseharian kerja agar didapatkan hasil yang optimal.
Mengingat adanya keterbatasan-keterbatasan tersebut, maka manajemen memerlukan jasa Konsultan untuk melakukan pendampingan dengan tujuan mendorong dan memastikan bahwa pelaksanaan penyampaian umpan balik dan pembinaan dapat dilakukan dengan cara yang tepat oleh para atasan. Konsultan juga akan memberikan masukan dan evaluasi kepada para Coach seberapa jauh kemampuannya melakukan pembinaan, termasuk juga hal-hal yang menjadi kekuatannya sebagai Coach dan aspek-aspek ketrampilan Coach yang masih perlu ditingkatkan.

F. EMPOWERING INTERVIEW SKILL
Jasa ini berupa pendampingan terhadap praktek dalam melakukan wawancara untuk seleksi dan evaluasi kandidat rekrutmen atau wawancara dengan tujuan khusus terhadap karyawan perusahaan. Pelaksanaan dengan menggunakan metode Wawancara Berbasis Kompetensi (WBK). Pelaksanaan pendampingan disesuaikan dengan kebutuhan Manajemen klien.
Kegiatan pendampingan wawancara ini membantu klien menemukan pewawancara yang memiliki kompetensi dalam melaksanakan sistem Wawancara Berbasis Kompetensi yang digunakan sebagai metode yang akan dibakukan dalam sistem evaluasi yang akan dilaksanakan secara konsisten dalam proses wawancara sehingga diperoleh hasil yang lebih akurat dan dapat digunakan sebagai acuan pengambilan keputusan dalam memilih calon pegawai / calon pejabat.

Please follow and like us: